Membaca roman lalu ada yang basah dan mengalir deras di pipi itu hal biasa.Tapi membaca rilis pers sambil sesenggukan ditengah jalannya siaran pres baru sekali seumur hidupku, saat Kustomfest 2018.
Bagaimana tidak, hari ini adalah hari yang setiap tahun aku peringati bersama Papa.”Ini harimu, Pa,” batinku saat mata membaca maksud Mas Lulut Wahyudi dalam membuat lucky draw kali ini.

“Kami Dedikasikan Untuk Para Pahlawan Tentara Indonesia yang
Telah Berjuang Mempertahankan Kedaulatan Indonesia” begitulah yang tergores di tangki lucky draw yang diberi nama Belo Negoro.

Nuansa militer yang kental pada Lucky Draw ini mengingatkankanku pada motor gede papa yang di kustom seperti motor tempur dengan rudal di sebelah kanan dan kiri jok belakang. Ia meretro bekas wadah peluru dengan penutup yang diberi miniatur rudal. Tanki bensin besar berwarna hitam legam, dan stang yang lebar membuat motornya lebih gagah saat embelah jalanan. Saat itu, Papaku paling keren di jalanan. Brum, bum…bum…bum, blar, blar, begitu bunyi knalpotnya. Saat itu aku masih usia 5 tahun. Sebab itu aku tahu kapan Papa pulang dan pergi dari suara knalpotnya.

 

Peristiwa 24 tahun silam seakan hadir kembali. Bunyi suara yang tak asing itu hadir memenuhi Jogja Expo Center saat Panitia Kustomfest 2018 merilis lucky draw (5/10). Acara terus berjalan, aku sudah tak sanggup membendung air mata. Saat tangan kanan memegang ponsel untuk live IG, tangan kiriku menyeka pipi kanan lalu kiri, bergantian hingga acara usai. Papa memang bukan pejuang kemerdekaan tapi bagiku, Ia Prajurit Seroja yang mempertahankan tanah Timor Timur untuk Indonesia.

Ingat, gak sih, Pah? Aku memanggilmu dengan sebutan “Om” karena kita bertemu setelah aku usia 1,5 tahun. Hingga akhirnya aku takhluk pada waktu dan memanggilmu Papa. Kita belum sempat nonton gelaran ini bersama ya, Pah. Tapi pasti sekarang bisa lihatkan. Bagus-bagus, banyak harley. Cocok deh kalau harley Papa dulu ikutan @kustomfest soalnya kali ini ada warna militer. Tapi, sayangnya kita bukan keluarga yang hobi foto jadi, gagahmu saat itu tak bisa ku pamerkan di blog ini. Semoga Tuhan memberi Papa motor gede seperti 24 tahun lalu. Alfatihah.

Selamat Hari TNI dan Selamat Lebaran Kaum Kustom

 

Berbeda dengan konsep lucky draw sebelumnya, Kustomfest 2018 kali ini menciptakan Belo Negoro: Sportster Dirgantara Bergaya Pesawat Tempur Perang Dunia II. Lucky Draw Kustomfest 2018 Belo Negoro terinspirasi dari pesawat TNI AU RI-X WEL, hasil karya anak bangsa. Ini merupakan pesawat kustom pertama milik Republik Indonesia yang dulu diterbangkan dari Maospati ke Lanud Adi Sutjipto, ujar Lulut Wahyudi Director Kustomfest.

Desain cover jok bermaterial kain kanvas dari ransel yang lazim dipakai tentara termasuk pola pattern-nya. Makin kental, warna yang dipilihnya yakni kelir asli Green Army Tri Colors pada moncong pesawat bergaya shark moon hasil karya painter Danny Hacka dari Solo. Lucky Draw yang membutuhkan 28 hari pengerjaannya ini merupakan wujud apresiasi atas filosofi kreativitas dan jiwa patriotisme para pahlawan khususnya di dunia penerbangan dari penggiat kustom kulture. Lulut Wahyudi tidak sendiri selama 28 hari mewujudkan ini. Ada 6 orang lainnya yang rutin di ruang workshop Retro Classic Cycles. Spesial, ornamen vintage dari sosok pesawat era dulu yang ada di tangki dibuat oleh salah satu artist mural di Jogja, Helly K.K.K.

FYI, Indonesian Kustom Kulture Festival masuk menjadi salah satu 100 Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata. Acara yang dimeriahkan oleh 155 motor dan 28 mobil ini berlangsung 6-7 Oktober 2018 berlokasi di Jogja Expo Center. Tahun ini merupakan tahun ke-7 Kustomfest.

Dengan tema Kustomfest 2018: Color of Difference ini, acara ini menjadi refleksi dari kondisi bangsa saat ini yakni dengan banyaknya perbedaan diharapkan bisa menjadi sebuah kekuatan. Jadi, tunggu apalagi? Dengan harga tiket Rp 60.000/hari, Anda bisa memenangkan Lucky Draw Belo Negoro: Sportster Dirgantara Bergaya Pesawat Tempur Perang Dunia II. Datang dan bergabunglah!

 

#PesonaKustomFest
#PesonaKustomFestJogja
#KustomfestColorOfDifference
#OpeningKustomfest2018
#PesonaKustomFest2018
#PesonaIndonesia
#Genpi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*