Cara Mudah Jadi MC dan Terima Job Pertama

Cara mudah jadi MC bagi Pemula dipersembahkan oleh Elizhabet Elzha kepada Sahabat Kata. Sebagai penyedia jasa MC Jogja, aku  tidak memiliki latar belakang pendidikan/ilmu komunikasi/public speaking sehingga dalam tulisan ini berdasarkan pengalaman. Perlu dicatat eh diketahui saja bahwasanya menjadi MC sudah aku geluti sejak SMP.

Kali pertama secara profesional ala anak sekolahan aku menjadi MC diacara perpisahanku sendiri. Hahaha, yang lain pada duduk di samping bapak ibunya aku justru duduk di depan teman-temanku dengan Pakaian Adat Jawa. Tidak perlu aku jelaskan lagi kan mengapa Jarik menjadi identitas saat aku MC.

Siapa saja bisa jadi MC karena pekerjaan ini tidak sulit dilakukan jika sahabat kata memiliki pra syarat sebagai berikut. Apa sih pra syarat atau modal jadi MC? Betul, ingin tahu tentang Cara mudah jadi MC bagi Pemula? Baiklah, dengan senang hati akan aku paparkan.

Modal jadi MC itu adalah diri kita baik kelebihan dan kekurangannya. Tugas kita hanya meramu keduanya. Ada 5 hal yang harus diperhatikan, dikuasi, dan selalu diasah jika ingin jadi MC.

Modal 1. Bahasa, Setiap dari kita minimal menguasai 2 bahasa yaitu bahasa daerah dan bahasa nasional. Jika sahabat kata menguasai beberapa bahasa daerah dan asing itu jauh lebih baik. Aku menyarankan meski kalian pandai berbahasa asing jangan sampai Bahasa Indonesia yang baku justru tidak tahu.

Modal 2. Komunikasi, komunikasi ada 3 cara yaitu komunikasi oral, isyarat, dan total (isyarat dan oral). Nilai lebih jika sahabat kata memiliki kemampuan Bahasa Isyarat karena bisa saja sebagian penonton tuli. Suatu kasus, sahabat kata MC tandem/kolaborasi dengan juru bahasa (penterjemah bahasa isyarat) hal yang harus diperhatikan adalah kemampuan bicara. Buka mulut saat bicara (tidak usah takut mulut jadi jelek) lafalkan dengan jelas. Gunakan smiling voice atau bicara sambil senyum. Intonasi yang tepat, tidak perlu terburu-buru saat bicara, dan kontrol volume suara (perhatikan ruang, jumlah penonton, dan sensivitas alat pengeras suara).

Modal 3. Penampilan, terbagi menjadi dua yaitu gestur dan pakaian. Gestur atau bahasa tubuh sebenarnya perlu sesi praktik sih, jadi kalau sahabat kata ingin belajar ini bisa hubungi aku dengan harga sahabat. hehehe. Hal yang perlu dihindari adalah menunjuk penonton/pengisi acara dengan jari telunjuk lebih baik dengan telapat tangan yang rapat dan terbuka. Jangan membelakangi penonton atau pengisi acara, lakukan seluruh luruh gerakan dengan mantap dan yakin. Urusan pakaian, jangan sampai kedodoran atau kekecilan, Sesuaikan dengan acara, gunakan properti yang membuat nyaman dan jangan lupa riasan wajah yang pas.

Modal 4. Cara Mudah Jadi MC bagi Pemula adalah isi otak. Percuma menarik, menguasai banyak bahasa, komunikasinya bagus tapi wawasannya ciut. Hallooo, belum pernah ngrasain ya, jadi MC tambal ban alias MC dadakan yang di kabari 2 jam sebelum acara dan parahnya lagi kita tidak menguasai secara detil isunya. Jadi begini sahabat kata, aku pernah diminta untuk MC dalam sebuah peluncuran portal berita tentang isu tambang jujur aku tidak menguasai tentang itu. Namun, berkat aku senang membaca koran, nonton berita, dan berdiskusi itu tidak menjadi masalah berarti. Pemberi job tidak mau tahu tentang latar belakang kita, yang pasti tugas kita adalah membuat acara itu hidup hingga akhir.

Modal 5. Percaya diri, jika sahabat kata punya semuanya namun tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri mending bobok aja di kamar gak usah jadi MC. Bacaan ini tidak akan pernah berarti tanpa latihan.

Selamat Berlatih!!!

 

*Foto: Elzha sebagai fasilitator “Semua Bisa Jadi Pembawa Acara” di Keluarga Mahasiswa Kimia UGM, 19/2/2017

Share

6 thoughts on “Cara Mudah Jadi MC bagi Pemula

  1. Makasih ya infonya.. kebeneran banget ini, besok tanggal 25 di minta jadi MC untuk pertama kalinya seumur hidup.. Wkwk..
    Agak kepikiran besok gimana, cuma abis baca artikel e malah bisa semakin yakin dan PD neq “Aku Iso”.. haha..

    1. Sama-sama kakak,
      terima kasih telah berkenan membaca dan berkomentar.
      PD aja untuk acara esok dan semoga lancar ya…
      Rileks dan fokus.

  2. trimakasih atas artikelnya cukup bagus bisa di praktikan nge-MC nich.
    o ya buku easy blogging nya sangat bagus, trims ya atas ilmu nya. semoga terus sukses. Amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*