Merapi Vulcano Expo

Merapi Volcano Expo kali ke dua kembali digelar 14-23 Desember 2016 di Gedung di kantor BPPTKG Jalan Cendana No.15, Yogyakarta. Pembukaan, Peluncuran Buku Geokimia, diskudi dengan tema informasi “hoax” dalam kebendanaan, ramah tamah, dan bincang-bincang kebencanaan bersama Mbah Rono dan relawan/komunitas lereng Gunung Merapi (non-formal) mengawali rangkaian acara Merapi Vulcano Expo 2 pada Rabu (14/12) lalu.

Berada di lantai 1 Gedung Kantor BPPTKG DIY, acara pembukaan Merapi Vulcano Expo 2 dihadiri oleh Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi, Kepala PUSDALOPS DIY, Kepala BPBD Kabupaten Sleman, Magelang, Klaten, dan Boyolali, Forum PRB DIY, Komunitas Relawan, SAR, Kepala TNGM, Kepala Sabo, Kepala PU, Pemda, Para Kepala Desa yang ada di sekitar Merapi, Para Ketua LSM dan Pemerhati Merapi, dan para pejabat dan pegawai di lingkungan Badan Geologi.

Merapi Vulcano Expo
Kepala Seksi Laboraturium menyerahkan Sertifikat ISO/IEC 17025:2008 dan Buku Geokimia

Kepala PVMBG, Kasbani dalam sambutannya  menjelaskan bahwa, “kerjasama ini juga memberi manfaat bagi kita dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan teknik atau metoda pemantauan terbaru. BPPTKG juga mempunyai peran pengembangan instrumentasi pemantauan kebencanaan geologi sehingga kita berharap sedikit demi sedikit akan bisa lebih mandiri dalam penyediaan teknologi pemantauan kebencanaan geologi.”

Lebih lanjut Kasbani menerangkan buku data geokimia gunungapi Indonesia edisi yang ke pertama ini sangat penting karena merupakan capaian dari pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Geologi sebagai institusi pelayanan publik untuk menyediakan data hulu. Buku ini mengandung data geokimia gas, air dan batuan gunungapi dari 71 gunungapi dalam rentang waktu 35 tahun(1980-2015). Selanjutnya diharapkan dapat menjadi pendukung bagi pengambilan keputusan dalam konteks mitigasi bencana erupsi gunungapi dan dapat dijadikan referensi dasar bagi penelitian kegunungapian lebih lanjut.


Kegiatan ini akan ditutup pada tanggal 23 Desember 2016 dengan acara malam kesenian “Volcano Night” yang diisi dengan pagelaran malam kesenian oleh komunitas kesenian yang ada di lereng Gunung Merapi.

 

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*