Pasar Karetan- Kangen dengan masakan dan jajan tradisional? Sesekali pergilah ke Pasar Karetan, Kendal. Jadikan Minggumu segar dan riang. Memang ada apa saja selain masakan dan jajan tradisional? Yuk, lanjut bacanya! Minggu (26/11) lalu, aku memutuskan menghabiskan akhir pekan bersama teman-teman #genpijogja di #Pasarkaretan
Demi apa?
Ya, jelas. Demi kebersamaan dan tak terlupakan pengalaman.
Memang ada apa?
FYI, yak. Pasar Karetan ini diinisiasi oleh teman-teman #genpijateng yang mengangkat tema wisata milenial.
Berbentuk pasar mingguan (buka hanya Hari Minggu) dari jam 06.00-11.00 WIB. Bertempat di Radja Pendapa, Segrumung, Meteseh, Boja, Kendal, Jawa Tengah.

Sebagai pasar milenial yang ingin membawakan konten budaya lokal, Tim Pasar Karetan mengharuskan pengunjung menukarkan uang mereka dengan girik.

Apa itu girik?

Girik-alat tukar di Pasar Karetan, Dok.Pri

Girik adalah alat tukar pengganti uang yang hanya berlaku di Pasar Karetan ini. Pecahannya mulai dari 2,5 ribu; 5 ribu, dan 10 ribu. Harga makanan paling murah hanya berlaku untuk gorengan. Cukup bayar 2,5 ribu dapat gorengan 3. Mahal? Daripada keluar dari pasar karetan dan harus beli jajan di tengah desa. Hahaha.
Ada berbagai macam penjual makanan tradisional, salah satunya “pecel gendar” yang sedang saya makan bersama Om Eko (pada foto header). Tak hanya itu, kalian juga bisa jajan tahu campur, khas Jawa Tengah. Aneka jenang, bubur, dawet, dan ada satu pondok kopi yang perlu kamu kunjungi.

Selain itu, ada juga permainan trandisional, panahan, dan bintang tamu mingguan. Bintang Tamu Minggu kemarin adalah Tim SAR dari Basarnas Jawa Tengah. Oh, ya konten milenialnya adalah banyaknya spot instagramable di sana 😂

#GenpiJogjaonDuty di Hutan Karet yang berdampingan dengan Radja Pendapa Camp, Dok. Pipit Damayanti

Berada di Hutan Karet, Boja, Kendal-lah yang menjadi alasan menamai pasar ini jadi Pasar Karetan. Menurut Don Kardono sebagai pemilik Radja Pendapa Camp menyatakan, “Pasar Karetan ini adalah atraksi yang memang diciptakan di tempat yang mati. Tempat ini ujung. Tapi banyak hal yang bisa dilakukan di sini. Kembali ke alam bersama keluarga untuk sejenak melepas penat.”

Betul saja, jika tak ingin jajan, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan tracking dengan rute mengelilingi Radja Pendapa Camp. Satu-satunya tempat di Segrumung, Boja yang menghadirkan seni, tradisi, kuliner, dan konsep kekinian dalam satu lokasi. Pasar Karetan perlu untuk dikunjungi.

Kira-kira, Hari Minggu besok kamu bakal sarapan di mana dan sama siapa?
Stttt, kalau dia gak mau, ajak aku ya. Kita sarapan berdua di sana.

 

*Tulisan ini ditujukan untuk mendukung pengembangan destinasi wisata di Indonesia. Sejaligus sebagai laporan kegiatan #GenpiJogjaOnDuty goes to Pasar Karetan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*