Pesona Kota Tomohon- Lanskap Indonesia Timur sungguh memesona. Apalagi kita bicara soal Sulawesi. Yah, kebanyakan dari kita paling akrab dengan Bunaken. Tapi pernahkah Sahabat Kata mengenal Kota Tomohon? Salah satu Kotamadya di Sulawesi Utara ini terletak di sekitar 25 km atau memerlukan jarak tempuh sekitar 1 jam berkendara dari Manado.

Berada pada ketinggian 1000 mdpl membuat Kota Tomohon dikenal sejuk & banyak memiliki destinasi wisata. Baik wisata alam, kuliner, religi, pun kegiatan kreatif terangkum sebagai pesona Kota Tomohon yang tiada duanya.

Ada 7 keunikan wisata yang jadi andalan Pemerintah Kota Tomohon menyambut wisatawan. Kampanye “Seven Unique of Tomohon City” tonjolkan keindahan alam: 7 gunung, 7 air terjun & 7 danau di Pesona Kota Tomohon.

Kota Tomohon dikitari 7 gunun, yaitu Lokon, Mahawu, Empung, Tatawiran, Masarang, Tampusu & Kasuratan. Apa sih menariknya ketujuh gunung itu? Kuy, lanjut baca!

Gunung Lokon (1580 m) merupakan yang tertinggi diantara 7 gunung & masih aktif karena sering alami erupsi. Hem, seperti Gunungapi Merapi Jogja yang sering erupsi, ya.

Gunung Mahawu (1324 m) gunung stratovolkano, yaitu gunung api yang dibangun dari lapisan alternatif lava dan abu. Uniknya, Gunung Mahawu memiliki danau kawah berwarna kehijauan karena belerang seluas 140 m2.

Gunung Empung (1340 m) letaknya bersebelahan dengan Gunung Lokon, sering disebut Gunung Lokon Tua. Di antara Gunung Lokon & Gunung Empung terdapat Gunung Tatawiran dengan kawah yg aktif hingga saat ini, yaitu Kawah Tompaluan.

Gunung Empung (Tuhan) dipercaya sebagai tempat asal Karema, Toar & Lumimuut, manusia pertama Minahasa. Gunung Masarang (1262 m) teletak dkt Desa Rurukan atau antara Tomohon & Tondano yang memilik kawah serupa danau.

Gunung Tampusu, berada di selatan Tomohon. Relatif mudah didaki. Memiliki danau kecil kawah yang indah. Di kaki Gunung Tampusu terdapat Desa Tampusu tempat berdirinya Kampus IPDN Sulut. Gunung Kasuratan (1059 m) dekat dengan Tampusu. Terdapat lumpur panas, termasuk di desa terdekat, Tondangow.

Beberapa daerah wisata di Tomohon yang sangat populer: Danau Linow, Bukit Doa Mahawu, Rurukan, Vihara. Linow, sebuah danau belerang dgn 3 warnanya. Salah satu destinasi wajib dikunjungi turis.

Bila mengunjungi Danau Linow wajib mencicipi Pisang Goreng Goroho dengan sambel Roa yang sangat ngetop. Bukit Doa Mahawu adalah kawasan 40 ha yang jadi tempat wisata alam seperti camping, hicking, extreme sport dll.

Dinamai Bukit Doa kerena area ini juga memiliki Chapel dan rute khusus untuk Jalan Salib bagi umat Katolik. Di Bukit Doa juga ada Amphitheatre dgn arsitektur Romawi yang biasa digunakan sebagai pentas seni.

Dari pelataran Bukit Doa terlihat jelas Gunung Lokon yang menjulang indah. Ada spot utk foto-foto. Bukit Doa Magawu juga lengkap memiliki penginapan, tempat retret dan restoran.

Desa Rurukan diketinggian 1500 mdpl adalah spot terbaik nikmati pemandangan alam dataran rendah Minahasa. Rurukan juga menjadi sentra perkebunan sayur mayur & bunga. Ini menjadi kawasan wisata holtikultura.

Rurukan juga terkenal sebagai desa dengan produksi tuak, gula aren & Cap Tikus (minuman tradisional beralkohol). Tomohon juga memiliki tempat ibadah kaum Tionghoa, komp Vihara Buddhayana yang terletak di Desa Kakaskasen.

Pesona Kota Tomohon

Press Conference TIFF Ke-7. Dok. Generasi Pesona Indonesia

Vihara Buddhayana menjadi destinasi wisata karena arsitekturnya. Sekaligus menunjukkan kuatnya toleransi beragama. Dalam kompleks terdapat Pagoda Ekayana yang juga menjadi daya tarik tersendiri. Jadi landmark Vihara Buddhayana.

Sebuah desa bernama Woloan sangat terkenal karena jadi sentra industri rumah kayu knockdown. Desa Woloan terkenal sebagai sentra produksi rumah tradisional adat Minahasa dari papan. Saat ini Desa Woloan juga membuat rumah papan dengan sentuhan modern yang diekspor ke luar negeri.

Tomohon juga memiliki banyak resto menarik seperti Gardenia yang dipenuhi turis asing karena lokasinya yang tepat di depan Gunung Lokon. Sejak jaman Belanda, Tomohon dikenal sbg kota pelajar karena memiliki banyak sekolah hingga perguruan tinggi.

Tak kalah menarik adalah Pasar Tomohon dijuluki pasar ekstrim. Pasar Tomohon sih biasa seperti pasar umumnya, tp jualannya yang luar biasa. Pasar Tomohon menjual daging ekstrim: babi, anjing, tikus, kuda, kelelawar, biawak, monyet, ular dll.

Tahukah Sahabat Kata, Presiden Jokowi sudah 2x mengunjungi Pasar ‘Ekstrim’ Tomohon. Kamu kapan?

Pesona Kota Tomohon

Event tahunan unggulan #PesonaKotaTomohon adalah Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang tahun ini adalah event ke-7. Tomohon Int’l Flower Festival (TIFF) digelar pertama thn 2008 dgn mengadopsi festival bunga di Pasadena US. TIFF berlangsung sejak thn 2008, 2010, 2012, 2914, 2015, 2016 dan ke-7 thn 2017.

Acara utama TIFF adalah Tournament of Flowers yaitu pawai kendaraan hias dari bunga yg diikuti peserta luar negeri. Sejak tahun pertama 2008 sudah ada peserta luar negeri yg ikut ambil bagian dlm parade mobil berhias bunga.

TIFF 2015. Dok.Generasi Pesona Indonesia

Tahun 2016 lalu yang ikut parade dari luar negeri ada Singapura, Jepang, Rusia, Australia, USA, Korsel, China. Diperkirakan sekitar 250.000 kuntum bunga dipakai untuk menghias mobil serta peserta parade lainnya. Tomohon International Flower Festival 2017 ke-7 akan berlangsung 7-10 Agt 2017 . Rangkaian PesonaTIFF 2017 juga akan ada pemilihan Putra Putri Bunga, serta Pesta Rakyat.

Jadwal rangkaian PesonaTIFF2017 bisa dilihat disini. Marijo ke #PesonaKotaTomohon

Jadwal PesonaTIFF2017 – 6 Agt: Thanksgiving Day (Pengucapan Syukur) Saatnya warga #PesonaKotaTomohon mengucap syukur kepada Tuhan.

Jadwal PesonaTIFF2017 – 7 Agt: Pemecahan Rekor MURI “Bakar Nasi Jaha Terpanjang” dan Opening Ceremony Tourism Trade Investment & Floriculture Expo (Pembukaan Pameran).

Jadwal PesonaTIFF2017 – 8 Agt: Tournament of Flowers (TOF)
(Parade Kendaraan hias bunga)  dan Flower Fashion Carnival (Karnival Kostum Bunga).

Jadwal PesonaTIFF2017 – 9 & 10 Agt: Arts & Cultural Festivals (Festival Seni dan Budaya).

Jadwal PesonaTIFF2017 – 10 Agt: Queens of Flowers Contest (Kontes Ratu Bunga)

Jadwal PesonaTIFF2017 – 11 Agt: Creative Menu Contest (Lomba cipta menu)

Jadwal PesonaTIFF2017 – 11& 12 Agt: Inter Denomination Choir Competition
(Lomba Paduan Suara Antar Denominasi Gereja)

Jadwal PesonaTIFF2017 – 12 Agt: Closing ceremony all of events (Penutupan)

 

*Tulisan ini ditujukan untuk mendukung pengembangan destinasi wisata di Indonesia. Data dan Foto di atas dari Generasi Pesona Indonesia.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*