Pesona Pulau Natuna-Bupati Natuna, Hamid Rizal, membuka Pekan Expo Pariwisata & me-launcing Branding Natuna di lapangan SMPN 1 Bunguran. Sebagai event utama Pekan Expo menghadirkan stand-stand pameran yang menggambarkan pencapaian pembangunan Kabupaten Natuna.

Hamid Rizal mengatakan Pekan Expo ini diharapkan berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Natuna, lokal maupun wisatawan manca negara. Selain menghadirkan stand pameran juga digelar Festival Band untuk memeriahkan suasana.

Panggung Expo. Dok.Generasi Pesona Indonesia

Bupati Natuna jg memberikan penghargaan kepada seorang Fotografer, Arif Naen sebagai pegiat pariwisata. Pekan Expo Natuna diselenggarakan bersamaan dengan Peringatan Hari Jadi Kota Ranai ke-146.

Kegiatan ini diawali dengan pelepasan puluhan lampion oleh Bupati & tamu undangan, serta berbagai kegiatan atraksi budaya. Parade Seni Budaya Nusantara menampilkan kesenian Randai, Reog, Angklung, Barongsai.

Pada hari ke-2 diselenggarakan Festival Pulau Senoa yang digelar sejak pagi hingga sore hari di Pulau Senoa. Pulau Senoa merupakan Destinasi Wisata andalan Natuna. Bentuk pulaunya seperti perempuan hamil yang sedang tertidur.

Pintu Masuk Festival Pulau Senua. Dok. Generasi Pesona Indonesia

Kontur Pulau Senua sangat variatif mulai dari puncak bukit, tebing terjal, pasir putih untuk berenang & bermain voli pantai. Selain itu ada goa sarang walet, patahan karang laut, tempat penyu hijau bertelur & terumbu karang bawah laut yg masih alami.

Di Pulau Senoa akan digelar lomba pacu kolek yang merupakan alat transportasi air yang masih tradisional. Permainan Alu dan Kesenian Mendu sangat diminati oleh pengunjung karena dikemas dalam atraksi yang dinamis dan kekinian.

Pesona Pulau Natuna

Masjid Agung Ranai arsitekturnya indah. Kubahnya seperti Taj Mahal dan menjadi maskot Kota Ranai. Pada Pekan Expo Natuna juga diperkenalkan brand baru natuna yang dibuat oleh Budi Hartanto dari Jakarta. Branding Natuna berupa tulisan Natuna yang berwarna biru dengan gambar ombak dan gelombang di tengahnya.

Pelau Senua. Dok. Generasi Pesona Indonesia

Biru mempresentasikan langit Natuna yg bersih, biru muda melambangkan laut Natuna yg dalam, eco friendly & eksotis. Branding Natuna merupakan langkah awal dari rangkaian branding, advertising, dan selling.

Setelah ini akan dibuat sebuah rencana dan strategi yang bisa dijadikan roadmap pemasaran pariwisata Natuna. Sehingga semua keunggulan dan potenai Natuna bisa dipasarkan dan dikomunikasikan ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

Diselenggarakan juga #FestivalNyuluh di pantai kencana, yaitu tradisi warga Natuna jika musim air surut malam hari. Festival Nyuluh ini digelar untuk pertama kalinya di Kabupaten Natuna untuk melestarikan budaya lokal. Aktivitas menyuluh diadaptasi dari usaha masyarakat pesisir untuk mendapatkan ikan tanpa harus berlayar ke tengah laut.

 

*Tulisan ini ditujukan untuk mendukung pengembangan destinasi wisata di Indonesia. Data dan Foto di atas dari Generasi Pesona Indonesia.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*