yoga dan minum jamu

Halo, sahabat kata, pernah ngalami nyeri haid? Pegal linu, bad mood, dan maunya mager aja kalau pas lagi haid. Biasanya, nih, kalau menjelang hingga 1-3 hari pertama haid, aku juga mengalami hal yang sama. Tapi, ini tidak bisa jadi alasanku untuk mager sepanjang hari. Kecuali aku merelakan kekacauan pekerjaan dan gagal gajian bulan itu karena deadline gak kelar. Biasanya nih, Aku rajin yoga dan minum jamu. Paling tidak bangun tidur atau menjelang tidur.

Kenapa harus Yoga dan minum jamu? Karena yoga memiliki gerakan-gerakan aman yang akan membantu mengurangi nyeri dan memperlancar haid. Selain itu yoga juga tidak memerlukan gerakan yang energik karena sifatnya lebih meditatif. So… pikiran dan oksigen pun makin lancar dalam tubuh kita. Plusnya adalah kita akan jadi awet muda.

yoga dan minum jamu

Minggu (4/12) lalu kebetulan sekali aku dapet kesempatan ikut acara Stay Fresh and Healthy bareng Kiranti. Acaranya Yoga bersama dan bincang-bincang “Cara Sehat dan Alami untuk Tetap Segar Saat Datang Bulan.” Gerakan Yoga waktu itu sama halnya yang seiring aku lakukan di kamar.

Kuncinya gerakan yang tidak boleh dilakuakn saat menjelang dan haid adalah mengindari gerakan yang keras pada perut. Tidak disarankan melakuakn handstand, backstand/ kayang, dan melintir bagian rahim. Semua gerakan ini akan membuat darah kotor kembali ke rahim dan justru bisa menjadi bibit penyakit. Satu lagi, kalau kalian tidak kuat dengan gerakan-gerakan yoga jangan dipaksakan lakukan semampunya dan jangan lupa BAHAGIA.

Menurut Amalia TH, instruktur yoga yang telah berpengalaman lebih dari 15 tahun ini membimbing aku dan teman-teman untuk melakukan gerakan yang benar dalam usaha mengurangi nyeri haid. Bertempat di Parkiran atas Lippo Plasa, Yogyakarta kami melakukan bersama-sama gerakan Supta Baddha Konasana. Gerakan ini dimulai dengan duduk dandasana di atas matras dengan kaki lurus, kemudian tekuk lutut dan satukan telapak kaki di depan pangkal paha, kedua telapak kaki saling menekan dan sisi tepi luar telapak kaki harus berada di atas matras. Lebarkan paha hingga lutut turun ke arah matras (jika lutut belum menyentuh lantai, sahabat kata dapat meletakkan selimut di bawah tiap lutut untuk mengurangi ketegangan), tekan lutut ke arah  matras. Rebahkan punggung mendatar di atas matras secara perlahan. Istirahatkan tubuh di posisi ini selama beberapa menit sambil bernapas normal. Pose ini sangat bagus untuk mengurangi kram di daerah perut.

yoga dan minum jamu
gambar dari stylecraze.com

Aku juga melakukan treatmen dari dalam yaitu dengan minum jamu. Indonesia kaya akan tanaman herbal salah satunya adalah kunyit (curcuma domesticae rhizoma) yang memiliki kandungan aktif kurkumin. Manfaatnya sebagai anti inflamasi (mengatasi nyeri haid), anti jamur serta bakteri (penyebab keputihan dan bau tak sedap), dan anti oksidan maupun imunostimulan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Biasanya kalau punya waktu luang aku memarut kunyit sendiri lalu merebusnya dengan gula aren dan asam jawa. Biasanya aku minum 2x sehari dalam kondisi dingin saat haid. Selain badan jadi seger perut juga nyaman.

 

Tapi sekarang, pekerjaanku makin padet aja. Kadang sampai gak sempat masak atau pergi ke pasar untuk beli kunyit. Kalau sudah haid tentu aku tidak bisa menunggu dan harus segera tertangani. Kiranti adalah satu-satunya solusi, jadi sehat dengan yoga dan jamu saat haid tetap bisa dilakukan. Kiranti adalah minuman sehat untuk perempuan yang terbukti berkhasiat mengatasi masalah perempuan dan memelihara kesehatannya sejak tahun 1994. Terbuat dari 100% bahan alami pilihan seperti kunyit, asam jawa, jahe, kayu manis, dan gula jawa. Proses produksinya pun menggunakan teknologi modern untuk menjaga higienisitas dan keamanan produknya. Kiranti juga telah mendapatkan sertifikat CPOTB ).

Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Benar) dari Menteri Kesehatan pada tahun 2015. Kiranti juga satu-satunya minuman untuk haid yang mendapatkan sertifikasi Obat Herbal terstandart / OHT atas pembuktian keamanan dan khasiatnya melalui uji pra klinis dan bahaya bakunya yang telah distandarisasi.

Untuk kesehatanku, aku gak mau coba-coba. Maka aku pilih kiranti untuk solusi nyeri, pegalinu, dan perlancar haid. Biasanya aku minum yang original dengan rasa ekstrak kunyit yang kental sedikit pahit dengan warna botol kuning. Sahabat kata gak doyan yang pahit? Tenang, kiranti datang dengan inovasi baru Kiranti sehat datang bulan + orange juice yang cenderung memiliki rasa manis dan segar dengan warna botol gold. Khusus untuk pegal linu nih, warna botolnya biru dan bisa diminum lelaki juga lho. Selamat mencoba, ya. Haid bukan penghalang untuk tetap berkarya. Rajin yoga dan minum jamu saat haid menjadi sehat bukan lagi wacana.

Share

2 thoughts on “Sehat dengan Yoga dan Minum Jamu Saat Haid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*