Sebagai salah satu kota yang paling berdekatan dengan Jakarta, Bogor menjadi destinasi utama pilihan warga ibu kota untuk menghabiskan akhir pekan atau waktu liburan. Tak hanya wisata alam saja, Bogor juga memiliki wisata sejarah yang tak boleh Sahabat Kata lewatkan, seperti berikut ini:

  1. Museum Etnobotani
wisata di bogor
Sumber: Tribunnews

Destinasi sejarah pertama yang bisa Sahabat Kata kunjungi adalah Museum Etnobotani. Museum ini berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 24, tepat di seberang Kebun Raya dan Istana Bogor. Museum ini berisikan koleksi barang-barang dari seluruh Nusantara, seperti mainan anak, alat pertanian dan rumah tangga, hingga alat musik tradisional. Menariknya, barang-barang yang dipajang di sini semuanya dibuat dari tumbuh-tumbuhan.

  1. Kampung Budaya Sindangbarang

Selanjutnya, ada Kampung Budaya Sindangbarang yang berlokasi di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Kabarnya, dahulu kampung ini merupakan penginggalan Kerajaan Sindangbarang. Selain wisata sejarah, Sahabat Kata bisa mengenal budaya Sunda secara lebih dalam melalui berbagai atraksi dan bangunan adat khas Suku Sunda. Pemandangan Gunung Salak yang megah akan menemani kunjungan Sahabat Kata selama di sini.

  1. Kebun Raya dan Istana Bogor

Sahabat Kata tentunya sudah tak asing lagi dengan destinasi wisata satu ini. Kebun Raya dan Istana Bogor merupakan tempat wisata paling terkenal di Kota Hujan. Terdapat ribuan spesies tamanan yang hidup di kebun ini, termasuk Bunga Rafflesia Arnoldi. Selain itu, di sini juga terdapat makam para ahli botani dari seluruh penjuru dunia. Berbatasan dengan danau, Anda bisa memandangi Istana Bogor yang begitu menawan.

  1. Museum Zoologi

Masih berada di satu komplek yang sama dengan Kebun Raya dan Istana Bogor, terdapat Museum Zoologi yang memamerkan ratusan spesies hewan, mulai dari serangga hingga hewan-hewan besar. Di sini juga terdapat fosil tulang salah satu hewan laut terbesar di dunia, ikan Paus Biru. Jadi, selepas berkeliling kebun, Sahabat Kata bisa menyempatkan diri untuk mampir ke museum ini.

  1. Museum PETA

Museum lainnya yang ada di Kota Bogor adalah Museum PETA atau Pembela Tanah Air. Museum ini berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman. Di halaman depan museum, terdapat patung Jenderal Sudirman dan Sudancho Supriadi, pemimpin PETA. Museum ini memamerkan berbagai relief dan diorama yang menceritakan perjuangn rakyat dari berbagai daerah saat melawan tentara Belanda.

  1. Prasasti Batu Tulis

Terakhir, ada Prasasti Batu Tulis yang berlokasi di Jl. Batutulis, berhadapan langsung dengan Istana Batutulis. Di sebelah prasasti utama yang dituliskan dalam huruf Pallawa terdapat beberapa batu lain, seperti batu tegak setinggi prasasti utama yang digunakan sebagai tempat bersandar dan batu kecil dengan bekas tapak kaki serta lutut di atasnya. Tapak kaki ini diduga adalah milik Raja Pakuan Pajajaran, Prabu Surawisesa.

Jika ingin lebih berlama-lama menikmati kota ini, jangan lupa untuk mencari hotel di Bogor. Airy Rooms bisa menjadi tempat bermalam pilihan yang berkualitas dan ramah di kantong. Dengan jumlah properti terbanyak di Indonesia, Sahabat Kata tidak akan kesulitan menemukan jaringan hotel Airy Rooms di Kota Bogor.

wisata di bogor
Kamar tidur yang lega

Meski murah, Akomodasi ini memiliki fasilitas in-room yang mumpuni, seperti kamar yang bersih yang dilengkapi dengan AC, televisi layar datar, kamar mandi dengan air panas, air minum, hingga WiFi gratis. Sahabat Kata bisa melakukan reservasi dari website maupun aplikasi di ponsel pintar. Pembayarannya? Sangat fleksibel. bisa dengan kartu kredit, transfer bank, atau di gerai Indomaret terdekat. Ayo berlibur ke Bogor dan reservasi hotelnya sekarang juga!

Share

4 thoughts on “Belajar Sejarah Melalui 6 Destinasi Wisata di Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*