Nitrous diambil dari kata nitrogen yang identik dengan menu sajian di kafe ini. “Nitrogen di cafe ini sebabagi bahan sensasi dalam penyajian makanan dan sebagai bahan pengawet makanan yang menggunakan proses pembekuan,” ungkap Rina selaku manager Nitrous IceCream & Fruit Bar.

img_20161022_163634

Nitrogen adalah unsur alam yang bebas dan dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam ukuran macro. Tubuh tidak dapat mensintesis secara langsung unsur nitrogen sebab hanya tumbuhan yang mampu melakukan itu. Pun hewan yang memiliki unsur nitrogen adalah herbivora yang memakan tumbuhan pensintesis nitrogen. Nitrogen merupakan unsur terbesar yang terkandung dalam zat protein bahkan sebagai unsur pembentuk DNA dan RNA dalam tubuh.

Nitrogen di Nitrous merupakan nitrogen dalam bentuk cair yang telah melalui teknik pemanasan pada titik didih -1960C. Fungsi nitrogen cair ini biasanya digunakan untuk mengawetkan makanan dalam proses cepat, es krim misalnya. Efek yang timbul dalam proses pembekuan, es krim akan terasa lebih lembut. Hal ini terjadi karena proses reaksi antara nitrogen cair dengan suhu udara dan membuat kristal-kristal halus. Nitrogen cair aman digunakan untuk proses pembekuan pun sajian makanan jika diolah oleh koki dan barista yang berpengetahuan tentang cairan nitrogen.

Hal yang perlu digarisbawahi dan diperhatikan adalah jangan sesekali mencicip cairan nitrogen secara langsung. Seteguk nitrogen mampu berubah menjadi 25 liter gas nitrogen dan mampu meledakkan perut. Es krim atau makanan apapun yang disajikan dengan cairan nitogen harap dimakan setelah nitrogen selesai bereaksi dengan udara, ketika asap yang timbul dari siraman cairan nitrogen hilang.

Sensasi nitrogen inilah yang menjadi daya tarik tersendiri di nitrous selain konsep ruang yang santai dan anak muda banget. Kafe berukuran 6X10 ini akan memanjakan mata kita dengan konsep mural pada dinding kafe. Salah satunya adalah mural tentang proses mendidihkan nitrogen yang berada pada dinding lantai 1. Bangunan Nitrous ice cream and fruit bar lantau 1 ini menggabungkan antara material kaca bening dan tembok batu bata. Material  besi, dan baja ringan digunakan di lantai 2. Lantai dua merupakan area bebas merokok, terbuka seperti balkon dan dapat menikmati pemandangan sawah yang terhampar di depan nitrous.

Menu favorit es krim di Nitrous adalah Original Aladin of molekul. Es krim yang disajikan di atas teko khas aladin yang disangga oleh cawan bening berisi air tawar. Letak es krim di atas teko aladin dengan toping cone kecil dan panjang yang tengkurap. Saat penyajiannya, Original Aladin of molekul akan disiram dengan cairan nitrogen pada cawan bening. Seketika itu asap akan mengepul seperti jin teko aladin hendak keluar. Ala-ala disney deh. Es krim Nitrous memiliki ciri lembut dan rasa manis yang tidak mencolok.

img_20161022_164932
video sensasi nitrogen di sini

Nitrous Ice Cream and Fruit Bar  juga menyajikan varian minuman seperti koktile, milkshake, dan Prassion dreasing. Selain minuman, Nitrous juga menyediakan makanan ringan seperti olahan mie kekinian, snack, dan makanan berat. Sajian makanan dan minuman di Nitrous dalam ukuran jumbo dan jaminan kenyang. Harga menu di Nitrous ice cream and fruit bar mulai dari 12.000 rupiah.

Nitrous beralamat di Jalan perumnas seturan atau tepatnya jika dari jalan Solo, tepat di belakang Hotel Royal Ambarukmo. Nitrous ini sudah berumur 1 tahun dan memiliki cabang di Jalan kaliurang km 6. Cabang ke dua ini lebih pada menu kopi latte dan menu makanan yang sama dengan cabang pertama.

Nitrous buka di jam 11.00-23.00  WIB hari kerja dan jam 11.00-24.00 di akhir pekan. Jika ingin leluasa melakukan foto datanglah sebelum jam 17.00 sebab bisa saja anda akan masuk dalam daftar tunggu. Kafe ini hanya mampu menampung 100 pelanggan di lantai 2 dan 20 pelanggan di lantai bawah. Meja kursi yang digunakan berbahan kayu dengan konsep bangku teras yang ringan dan simpel.

Bagi anda yang ingin berlama-lama di Nitrous saya sarankan memilih lantai dua selain luas dan longgar pandangan juga dapat berjelajah dengan bebas. Jangan khawatir bagi anda food and travel yang hobi mengunggah hasil perjalanan ke media sosial, Nitrous akan memberikan layanan koneksi internet gratis dan terminal arus yang tersedia di setiap lantai. Pun jika anda sendirian jajan di sana, tak akan mungkin kesepian tapi pasti akan kekenyangan. Beberapa alat permainan seperti Uno, monopoli, kartu, rubrik, catur, dan dakon (apa dakon?) bisa dimainkan dengan teman semeja. Info lengkap bisa follow twitter dan instagram @nitrouseskrim.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*