CYTOMEGALOVIRUS (CMV) merupakan virus DNA ganda dan merupakan anggota dari keluarga Herpesviridae yag penularannya secara horisontal berupa droplet infection, transfusi darah, air ludah dan air seni serta secara vertikal antara ibu ke janin yang dikandung lewat plasenta maupun asi. Infeksi CMV umumnya tanpa gejala, kecuali orang dengan gangguan sistem imun. CMV merupakan salah satu penyebab anak lahir dengan difabel terbesar (1/1000).

Penularan infeksi CMV dari ibu ke janin dapat terjadi pada < 16 minggu dan dapat menyebabkan kerusakan serius. Infeksi dari ibu ke janin dapat eksogenus (dampaknya sangat buruk) maupun endogenus. Skrining prenatal dilakukan saat < 20 minggu apabila hasil (+) saat kehamilan 21-23 minggu. Bila terbukti positif maka lakukan pemeriksaan cairan ketuban (amniosintesis) saat kehamilan 21-23 minggu. Bila terbukti CMV (+) pada kehamilan <20 minggu dapat dipertimbangkan terminasi kehamilan.

Komplikasi CMV dapat mengakibatkan kerusakan otak seperti gangguan intelektual, kuadriplegia spastik, retardasi psikomotorik, dan tuli sensorineural. Dapat juga terjadi gangguan organ seperti hepatomegali, splenomegali, dan iketrus dan atau ptekiae.

Apa yang bisa dilakukan untuk CMV dalam persiapan sebelum menikah?

  1. Selalu cuci tangan dengan sabun sebelum makan.
  2. Tidak berbagi peralatan makan maupun makanan pada orang lain.
  3. cuci bersih dengan sabun peralatan kita apabila setelah dipakai orang lain.
  4. hindari kontak dengan anak-anak terutama yang terinfeksi CMV. Bila bermain dengan mereka hindari mencium bibir/terkontaminasi dengan air liur maupun air seni.
  5. Pakai kondom saat hubungan seksual.
  6. lakukan skrining sebelum hamil dan prenatal.

kdlj86

Share

11 thoughts on “Penting! Harus dipersiapkan Sebelum Menikah

  1. Menikah itu bukan untuk mencari keturunan, karena ada saudara-saudara kita yang sampai saat ini belum mendapat keturunan, tetapi karena memang menikah itu adalah ibadah yang diperintahkan Allah, dan memang menikah itu bukan kewajiban yang ditentukan batasan waktu dan tempatnya. Yang wajib itu adalah menjaga kerukunan dalam berumah tangga, hal itulah yang menjadi batasan yaitu kemampuan untuk menjaga keharmonisan. Menikahlah bukan karena apapun selain karena itu adalah perintah Allah

    1. bicara sejarah, kemudian ada perintah untuk menikah salah satunya adalah untuk beregenerasi pak irwan. Dan menikah adalah sunah rosul. Begitu hemat saya terkait dengan konten ini. Mempersiapkan diri untuk memutuskan menikah seyogyanya juga memikirkan kesehatn. begitu maksud kami menulis. terima kasih pencerahannya.

  2. jujur,,pertama kali baca judulnya yang terlintas di kepala adalah resepsi, foto prewedding, undangan, katering dkk dkk (layaknya persiapan2 pernikahan). tapi setelah dibaca lebih lanjut,,ternyata beda!! dan ini penting (menurutku) untuk diketahui oleh calon pengantin ataupun calon orangtua. menurutku tak ada salahnya memeriksakan kesehatan sebelum pernikahan ataupun sebelum kehamilan agar kelak bayi yg dikandung sehat selama dikandungan dan setelah dilahirkan.

    1. iya mak sama-sama. Bener banget sedia payung sebelum hujan jangan sampai kecewa dibelakang karena yang nanggung juga diri sendiri

  3. Beneran deh, memang sekarang kudu masuk ke list untuk cek kesehatan ya Elzha. Aku dulu pun termasuk yang nggak masukin test TORCH ke persiapan kehamilan, hiks. Semoga makin banyak calon penganten yang menjadikan ini sebagai list persiapannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*