HERPES SIMPLEX VIRUS (HSV) merupakan satu infeksi menular seksual yang paling umum. Perempuan hamil dapat menularkan HSV pada janin selama kehamilan dan bayi baru lahir sehingga terjadi infeksi neonatal dan menyebabkan cacat kematian atau jangka panjang. Risiko penularan ini bisa dikurangi dengan melakukan pengobatan dengan antivirus dan persalinan caesar. HSV memiliki 2 tipe, yaitu HSV-1 (lesi herpes non genital) biasa terjadi diseputaran mulut dan HSV-2 (lesi herpes pada daerah genital dan ditularkan melalui hubungan seksual).

Janin yang terinfeksi HSV dapat menaglami mikrosefali, atrofi serebral, nekrosis serebral dan sereberal, klasifikasi intrakranial dan kerusakan pada organ lain seperti korioretinitis, mikroftalmia, katarak, hepatosplenomegali.

Apa yang bisa dilakukan untuk HSV dalam persiapan sebelum menikah?

  1. Tidak berganti pasangan seksual, bila berhubungan seksual menggunakan kondom.
  2. Hindari meminjamkan pakaian maupun handuk pada orang lain yang terkena hsv harus diterapi antivirus dahulu sebelum hamil.

Ngeri ya? Fakta medis infeksi TORCH menunjukkan bahwa:

  1. Semakin muda usia kehamilan, semakin sulit terjadi penularan pada janin tapi bila terkena sifat kelaiannnya berat.
  2. Semakin tua usia kehamilan, semakin mudah tertular, tetapi bila kena sifat kelainanya ringan.
  3. kelainan multipel sering terjadi bila infeksinya pada umur kehamilan muda.
  4. Satu penyebab dapat menimbulkan berbagai bentuk/banyak kelainan.
  5. Satu bentuk kelaiann dapat diakibatkan oleh penyebab yang berbeda-beda.
  6. Bila terjadi kelainan konginetal, kdang sulit menentukan penyebabnya dengan pasti.
  7. bahaya bagi janin bila terjadi infeksi akut sat kehamilan.
  8. kondisi infeksi kronik pada ibu umumnya relatif aman bagi janin (lebih dari 6 bulan)

kdlj86

Share

11 thoughts on “Penting! Harus dipersiapkan Sebelum Menikah

  1. Menikah itu bukan untuk mencari keturunan, karena ada saudara-saudara kita yang sampai saat ini belum mendapat keturunan, tetapi karena memang menikah itu adalah ibadah yang diperintahkan Allah, dan memang menikah itu bukan kewajiban yang ditentukan batasan waktu dan tempatnya. Yang wajib itu adalah menjaga kerukunan dalam berumah tangga, hal itulah yang menjadi batasan yaitu kemampuan untuk menjaga keharmonisan. Menikahlah bukan karena apapun selain karena itu adalah perintah Allah

    1. bicara sejarah, kemudian ada perintah untuk menikah salah satunya adalah untuk beregenerasi pak irwan. Dan menikah adalah sunah rosul. Begitu hemat saya terkait dengan konten ini. Mempersiapkan diri untuk memutuskan menikah seyogyanya juga memikirkan kesehatn. begitu maksud kami menulis. terima kasih pencerahannya.

  2. jujur,,pertama kali baca judulnya yang terlintas di kepala adalah resepsi, foto prewedding, undangan, katering dkk dkk (layaknya persiapan2 pernikahan). tapi setelah dibaca lebih lanjut,,ternyata beda!! dan ini penting (menurutku) untuk diketahui oleh calon pengantin ataupun calon orangtua. menurutku tak ada salahnya memeriksakan kesehatan sebelum pernikahan ataupun sebelum kehamilan agar kelak bayi yg dikandung sehat selama dikandungan dan setelah dilahirkan.

    1. iya mak sama-sama. Bener banget sedia payung sebelum hujan jangan sampai kecewa dibelakang karena yang nanggung juga diri sendiri

  3. Beneran deh, memang sekarang kudu masuk ke list untuk cek kesehatan ya Elzha. Aku dulu pun termasuk yang nggak masukin test TORCH ke persiapan kehamilan, hiks. Semoga makin banyak calon penganten yang menjadikan ini sebagai list persiapannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*