Malioboro punya daya tarik tersendiri untuk wisatawan baik lokal mau pun manca negara. Malioboro tak sekedar menawarkan wisata belanja, kuliner, sejarah, namun juga menarkan rindu. Banyak hal yang bisa dilakukan di sekitar Malioboro jika Sahabat Kata berkunjung ke sana.

Ngomong-ngomong Malioboro, apakah Sahabat Kata tahu mengapa Malioboro begitu sering menjadi incaran para wisatawan hingga saat ini? Salah satu alasannya adalah karena lokasi Malioboro juga berdekatan dengan lokasi wisata lain di Jogja. Saking dekatnya, beberapa lokasi wisata pun bisa dikunjungi hanya berjalan kaki.

Seru sekali, bukan? Lalu, kira-kira lokasi wisata apa saya yang ada di sekitar Malioboro?

Benteng Vredeburg

Melangkah sedikit ke arah selatan dari Malioboro, Sahabat Kata akan menemukan sebuah benteng peninggalan Belanda yang kini menjadi tempat wisata favorit di Jogja, yakni Benteng Vredeburg.

Kemegahan Benteng Vredeburd ternyata menyimpan banyak cerita bersejarah. Benteng ini juga merupakan salah satu saksi dari berbagai peristiwa bersejarah Indonesia yang pernah terjadi di Jogja pada masa lalu. Salah satunya dibangun untuk asrama Tentara Belanda guna mengawasi pergerakan Keraton dan Masyarakat Jogja

Selain mengenal dan mempelajari sejarah, para pengunjung juga bisa berfoto-foto ria sambil menikmati suasana tempo dulu di sekitar Benteng ini. Sahabat Kata juga akan menemukan begitu banyak diorama-diorama yang menceritakan perjuangan kemerdakaan Indonesia di masa lalu. Bahkan saat ini Benteng Vredeburg tengah berbenah demi kenyamanan pengunjung.

 

Titik Nol Kilometer

Tidak jauh dari Benteng Vredeburg, masih berjalan menuju selatan, Sahabat Kata akan menemukan sebuah persimpangan di ujung jalan. Saat malam, kawasan simpang empat ini menjadi tempat berkumpulnya kawula muda dari berbagai daerah di Jogja, yakni Titik Nol Yogyakarta.

Kawasan ini merupakan kawasan yang tidak pernah sepi sama seperti Malioboro khususnya pada hari Sabtu malam. Pada malam minggu, di sekitaran Titik Nol akan dipenuhi dengan beragam atraksi atau hiburan yang bisa disaksikan oleh wisatawan.

Pemda DIY saat ini sedang melaksanakan Program Revitalisasi Pedestrian Malioboro menuju Malioboro ramah untuk semua. Bahkan akan ada toilet sekelas Bintang 5 berada di bawah tanah, lho. Menurut Humas Kominfo DIY saat Gathering Pers pada 18 Juli 2017 lalu, Revitalisasi Pedestrian Malioboro dan Toilet bawah tanah ini akan selesai di November 2017.

Pasar Beringharjo

Ingin mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang, alternatif tempat belanja lain yang tentunya harus Sahabat Kata kunjungi adalah Pasar Beringharjo. Agak sedikit berbeda dengan berbelanja di Malioboro, di pasar tradisional ini Sahabat Kata akan membaur langsung bersama para warga Jogja.

Pasar yang sudah ada sejak tahun 1758 ini, Sahabat Kata bisa menemukan apapun yang dicari, mulai dari batik, kaos oblong khas Jogja hingga berbagai camilan khas Jogja.

Taman Pintar

Tempat wisata lain yang bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki dari Malioboro dan sekitarnya adalah Taman Pintar. Tempat yang berada tepat di belakang Benteng Vredeberg ini bisa dijadikan sebagai lokasi wisata edukasi jika Sahabat Kata berlibur bersama anak-anak untuk menumbuhkan minat dan bakatnya terhadap ilmu pengetahuan alam. Tidak hanya itu Sahabat Kata juga bisa menemukan Taman Budaya dan juga Pasar buku Murah.

Keraton

Menjadi simbol dari Daerah Istimewa Yogyakarta, liburan Sahabat Kata tidak terasa lengkap jika tidak mengunjungi Keraton Yogyakarta. Masih bisa dijangkau hanya dengan jalan kaki, Sahabat Kata bisa melihat berbagai jenis koleksi benda yang berkaitan dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini. Para pengunjung juga bisa mengunjungi museum yang akan membuat Sahabat Kata merasa lebih dekat dengan Kraton Yogyakarta.

Taman Sari

Tidak jauh dari Kraton, Sahabat Kata juga bisa mengunjungi Taman Sari atau istana air yang sarat dengan arsitektur kuno yang sangat menawan. Di dalam Taman Sari para pengunjung akan menemukan tiga kolam pemandian serta lorong dan juga Masjid yang berada di bawah tanah. Taman Sari merupakan tempat yang sangat fotogenik dan juga indah, oleh karena itu banyak sekali pasangan muda yang kagum dan menjadikannya sebagai lokasi foto pre-wedding.

Demikianlah beberapa pesona wisata lain yang ada di sekitar Malioboro yang layak Sahabat Kata kunjungi. Masih banyak sekali tempat yang bisa Sahabat Kata kunjungi ketika berada di Malioboro, sebab tak jauh dari sana ada museum terbalik yang baru saja dibuka. Rasanya tidak puas jika kalian hanya mengunjunginya dalam satu hari, bukan?

Sahabat Kata tidak perlu khawatir kesulitan untuk menemukan tempat penginapan karena melalui aplikasi Traveloka, Sahabat Kata tidak perlu khawatir jika harus memesan secara mendadak atau dalam jarak hari yang berdekatan.

Share

2 thoughts on “6 Pesona Wisata Yogyakarta Dekat Malioboro yang Wajib Sahabat Kata Kunjungi

  1. Ada satu lagi, mbak. Itu lho yang pasar sore seperti “klititikan”, bisa dipersembahkan bagi yang ingin cari suasana sedikit menggelitik, ketika sore di seputaran malioboro 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*